Total Tayangan Halaman

Rabu, 31 Januari 2018

Soal-soal Pendidikan Karakter Beserta Jawabannya.

Soal-soal Pendidikan Karakter.
1. Jelaskan defenisi disiplin.
Jawaban: Disiplin adalah sikap hidup dan perilaku yang mencerminkan tanggung jawab terhadap kehidupan, tanpa paksaan dari luar. Sikap dan perilaku ini dianut berdasarkan keyakinan bahwa hal itu bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Hal ni terkait dengan kemauan dan kemampuan seseorang menyesuaikan interennya dan mengendalikan dirinya agar sesuai dengan norma, aturan, hukum, kebiasaan yang berlaku dalam lingkungan social budaya setempat.   
2. Sebutkan unsur-unsur disiplin :.
Jawaban:
1.    Mengikuti dan menaati peraturan, nilai dan hukum yang berlaku.
2.    Pengikutan dan ketaatan tersebut terutama muncul karena adanya kesadaran diri bahwa hal itu berguna bagi kebaikan dan keberhasilan dirinya. Dapat juga muncul karena rasa takut, tekanan, paksaan dan dorongan dari luar dirinya.
3.    Sebagai alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina, dan membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang ditentukan atau diajarkan.
4.    HukKedemokratisanrikan bagi yang melanggar ketentuan yang berlaku, dalam rangka mendidik, melatih, mengendalikan dan memperbaiki tingkah laku.
5.    Peraturan-peraturan yang berlaku sebagai pedoman dan ukuran perilaku.
3. Sebutkan jenis-jenis disiplin:
Jawaban: Jenis- Jenis Disiplin.
      1. Disiplin Preventif
Adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong para karyawan agar mengikuti berbagai standar dan aturan, sehingga penyelewengan-penyelewengan dapat dicegah. Sasaran pokoknya adalah untuk mendorong disiplin diri karyawan. Dengan cara ini karyawan menjaga disiplin diri mereka dan bukan karena suatu paksaan.
2.    Disiplin Korektif
             Adalah kegiatan diambil untuk menangani pelenggaran terhadap aturan-aturan dan mencoba menghindari pelanggaran-pelanggaran berikutnya. Kegiatan korektif sering berupa
4. Secara umum tindakan pendisiplinan adalah bertujuan untuk...
Jawaban:
a.    Untuk memperbaiki pelanggaran
b.    Untukmenghalangikaryawan lain melakukanpelanggaranserupa
c.    Untuk menjaga berbagai standar agar tetap konsisten dan efektif.
4. Disiplin  progresif  artinya adalah:
Jawaban:  Disiplin Progresif adalah kegiatan yang memberikan hukuman-hukuman lebih berat terhadap pelanggaran-pelanggaran yang berulang. Tujuannya memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengambil tindakan korektif sebelum dikenakan hukuman yang lebih berat. Sebuah contoh sistem disiplin progresif yang disusun atas dasar tingkat berat atau kasarnya hukuman secara
5. Jelaskan pengertian tanggung  jawab!
Jawaban: Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, dan   memberikan jawab serta menanggung akibatnya. Seorang pelajar memiliki kewajiban belajar. bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibanya serta dia juga telah bertanggung jawab atas kewajibannya.
6. Sebutkan macam-macam tanggung jawab!
Jawaban:
1.    Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
Contoh : Andi membaca sambil berjalan, lalu ia terjatuh, akibatnya ia aharus beristirahat dirawat di rumah dan tidak sekolah. konsekuensi tidak bersekolah dan tinggal dirumah adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri.
2.    Tanggung jawab terhadap keluarga.
Contoh : seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walapun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya.
3.        Tanggung jawab terhadap masyarakat.
Contoh : seorang ketua RT yang menjabat saat itu di daerah tempat tinggalnya harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan warganya. misalnya saja bila pada saat hari raya qurban, ketua RT setempat harus sudah mempunyai data warga miskin yang akan menerima santunan qurban. ketua RT juga harus sigap membantu bilamana ada warganya yang meninggal dunia, lalu ketua RT juga menggerakan ibu-ibu PKK ditempatnya untuk membangun pos kesejahteraan untuk kesehatan, lingkungan dan pendidikan untuk warganya.
4.        Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
Contoh: pada zaman penjajahan dahulu, para pemuda Indonesia bertanggung jawab untuk membela negara, turut berperang untuk memerdekakakn negara kesatua republik Indonesia. para pemuda sangat ingin memiliki kebebasan dalam bernegara, maka para pemuda menanamkan dalam hatinya mempunyai tekad yang kuat untuk membela negara dan bertanggung jawab atas semua permasalahan yang ada di negara Indonesia.
5.        Tanggung jawab terhadap Tuhan.
Contoh : manusia telah di beri kehidupan yang sangat mencukupi dan layak. semua itu atas pemberian sang pencipta yaitu Allah SWT. ALlah sangat pengasih, penyayang dan pengampun. Allah pun tak meminta hal-hal yang menyusahkan manusia untuk mewujudkan rasa bersyukur manusia terhadap semua kebaikan-Nya. Manusia hanya diperintahkan untuk Shalat 5 waktu dan beramal sholeh, berbuat baik sesama manusia dan berbuat baik kepada Allah SWT. semua yang diberikan ALlah SWT sudah sepatutnya menimbulkan rasa tanggung jawab manusia kepada Allah SWT. tanggung jawab untuk menunaikan semua yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan yang dilarang-Nya.
7. Jelaskan pengertian Patriotik!
Jawaban : Patriotisme adalah rasa kecintaan & kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaaan, kebanggaan terhadap sejarah & kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan beserta.
8. Sebutkan ciri-ciri Patriotik!
Jawaban: Ciri-Ciri Patriotisme
a. Patriotisme merupakan solider secara bertanggung jawab atas semua bangsa. Artinya, Patriotisme menciptakan seorang sanggup mengasihi bangsa dan negaranya tanpa menjadikannya menjadi tujuan bagi dirinya sendiri tetapi buat kesejahteraan bangsa dan negara.
B. Patriotisme adalah realistis. Artinya, patriotisme mau & sanggup melihat kekuatan bangsa & daya yang dapat Mengganggu bangsa dan bangsa lainnya.
C. Patriotisme adalah rasa mempunyai identitas diri, artinya mau melihat, menerima dan menyebarkan tabiat & keperibadian bangsa sendiri.
D. Patriotisme bersifat terbuka, adalah melihat bangsanya pada konsep hidup global, mau terlibat didalamnya & bersedia belajar menurut bangsa lain demi kemajuan bangsanya.
E. Patriotisme bermodalkan nilai dan budaya rohani bangsa & berjuang pada masa sekarang buat menuju impian yang ditetapkan.
9. Sebutkan contoh- sikap patriotik!
Jawaban: Mengikuti upacara hari besar  kenegaraan,Mengikuti aktivitas bakti sosial, Mengikuti aktivitas seperti pramuka, PMR & lain sebagainya, Rajin belajar, Manaati peraturan, Menghormati orang tua, guru dan jua orang sekitar, Membawa pancasila pada kehidupan sehari-hari.
10. Apakah fungsi dari pendidikan nasional..
Jawaban: Sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk di sekolah harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut.
11.  Apakah perlunya pengembangan pembelajaran berbasis karakter...
Jawaban: untuk membentuk karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga perlu adanya pengembangan pembelajaran berbasis karakter guna menjadi alat untuk mencapai tujuan pendidikan.
12.   Sebutkan tahapan-tahapan pelaksanaan kurikulum Pembelajaran Berbasis Karakter..
Jawaban:   Pelaksanaan kurikulum berbasis karakter di dalam proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran pada semua mata pelajaran.
13. Tuliskan tahapan -tahapan pelaksanaan pembelajaran!
Jawaban:
a.  Pendahuluan.
b.  Inti: 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi
c.  Penutup.
13. Ciri-ciri proses pembelajaran pada tahap Eksplorasi ialah..
Jawaban:
1)      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
2)      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
3)      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
4)      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
5)      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kerja keras)
14. Evaluasi Pembelajaran ialah...
Jawaban: Evaluasi  atau  penilaian  merupakan  bagian  yang  sangat  penting  dalam  proses pendidikan. Dalam pendidikan karakter, penilaian harus dilakukan dengan baik dan benar. Penilaian tidak hanya menyangkut pencapaian kognitif peserta didik, tetapi juga pencapaian afektif dan psikomorotiknya.
15. Sebutkan strategi Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Karakter!
Jawaban:
1. Strategi Peningkatan Tahap Perkembangan Moral
2. Strategi pengungkapan nilai,  value,  Clarification Techniq (VCT)
16 jelaskan apa kah Strategi Pengungkapan Nilai dengan Value Clarification Techniq (VCT)!
Jawaban: Value Clarification Tehnique (VCT) adalah teknik pengungkapan nilai. Melalui VCT peserta didik dibina kesadaran emosional nilainya melalui cara yang kritis rasional melalui pengujian kebenaran, kebaikan, kelayakan, keadilan, dan ketepatannya.
17. Jelaskan pengertian karakter!
Jawaban: Karakter  diartikan sebagai pembelajaran  manusia pada saat mengatasi dan memperbaiki kelemahannya, serta menimbulkan kebiasaan positif yang baru, sehingga dapat membawanya menjadi individu yang lebih baik. Karakter mampu merubah kepribadian seseorang melalui pembelajaran yang dialami atau dilihatnya, dan juga didasarkan pada kesadaran diri seseorang.
18.Definisi Pendidikan Karakter adalah...
Jawaban: Pendidikan karakter adalah pendidikan sebagai usaha untuk membentuk moral, jiwa dan pikiran seseorang, sehingga dari pendidikan itu diperoleh bekal untuk masa depanya nanti agar menjadi individu yang patuh terhadap nilai-nilai moral dan social yang berlaku.
19. Sebutkan karakter yang perlu sikembangkan disekolah!
Jawaban: Religius, rendah hati,  gotong royong, tenggang rasa, Kasih sayang,  kekeluargaan,  menghormati,  tidak menyombongkan diri,  ramah dan lain lain.
20. Apakah tujuan dari pembelajaran yang mengandung pendidikan karakter..
Jawaban Pembelajaran yang mengandung pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk pribadi anak kea arah yang baik sesuai dengan norma yang berlaku.
21. Apakah penting nya pendidikan karakter dalam keluarga....
Jawaban : untuk menciptakan anggota keluarga yang berkarakter,  berakhlak mulia,  sopan santun dan dan melaksanakan nilai dan norma yang berlaku, khususnya bagi anak-anak karena hampir 70% waktu anak adalah berada dalam keluarga,  sehingga keluarga menjadi tempat pembentukan karakter anak yang paling dominan.
22. Sebutkan 3 peran utama orang tua dalam mendidik anak...
Jawaban:
a. Berkewajiban menciptakan suasana yang hangat dan tenteram, karena tanpa suasana yang demikian anak akan terhambat pertumbuhan jiwanya, akibatnya anak hidup dalam ketegangan dan ketakutan.
b. Menjadi panutan yang positif bagi anak, karena anak belajar terbanyak dari apa yang dilihatnya, bukan dari apa yang didengarnya. Karakter orangtua yang diperlihatkan melalui perilaku nyata merupakan bahan pelajaran yang akan diserap anak.
C. Mendidik anak, artinya mengajarkan karakter yang baik dan mendisiplinkan anak agar berperilaku sesuai dengan apa yang telah diajarkannya.
23. Bagaimana cara yang baik untuk mengembangkan karakter anak...
Jawaban:
1. memperlakukan anak sesuai dengan karakteristik anak dan memahami bahwa setiap anak bersifat unik;
2. memenuhi kebutuhan dasar anak, seperti kebutuhan kasih sayang, pemberian makanan bernutrisi, rasa aman, dan nyaman;
3. memperhatikan pola pendidikan yang diajarkan oleh guru di sekolah anak dan mencoba menyelaraskan pola tersebut dengan pola pendidikan di rumah;
4. memberikan dukungan dan penghargaan ketika anak menampilkan perilaku yang terpuji;
5. memberikan fasilitas lingkungan yang sesuai dengan usia perkembangannya,
6. bersikap tegas dan konsisten.
24. Jelaskan hal-hal yang perlu dihindari orangtua dalam pengembangan karakter anak!
Jawaban:
1. memaksakan ambisi pada anak, apalagi jika bertentangan dengan karakter dasar anak;
2. berkata atau berbuat kasar pada anak yang dapat menimbulkan ketaatan sesaat dan kepribadian pemberontak;
3. tidak membanding-bandingkan anak;
4. tidak terlalu sering berganti-ganti pola didik karena cenderung mempengaruhi kepribadian anak; dan
5. tidak melemahkan pola didik dengan penganiayaan pada anak, baik secara verbal maupun fisik.
25.karakter utama yang dapat ditanamkan bagi anak adalah...
Jawaban: Kereligiusan, Kejujuran,. Kecerdasan,  Ketangguhan, Kedemokratisan,  Kepedulian,  Kemandirian, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif,  Keberanian mengambil risiko, Berorientasi pada tindakan,  Kepemimpinan, . Kerja keras, Tanggung jawab,  Gaya hidup sehat, Kedisiplinan, Percaya diri, Keingintahuan,  Cinta ilmu, Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Kepatuhan terhadap aturan-aturan sosial, Menghargai karya dan prestasi orang lain,  Kesantunan, Nasionalis,  Menghargai keberagaman.
26. Apakah yang dimaksud dengan penilaian Otentik Dalam Konteks Penilaian.. 
Jawaban: Penilaian otentik merupakan sebuah bentuk penilaian yang mengukur kinerja nyata yangdimiliki oleh peserta didik. Kinerja yang dimaksud adalah aktivitas yang diperoleh peserta didikselama proses pembelajaran. Berdasarkan pemahaman ini penilaian otentik pada prinsipnyamengukur aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik selama pembelajaran berlangsung
27.sebutkan langkah untuk mengembangkan penilaian otentik..
Jawaban: yaitu yang meliputi : penentuan standar, penentuan tugas autentik, pembuatan kriteria, embuatan rubrik.
28. Apakah yang perlu di nilai dalam penilaian otentik...
Jawaban: diperlukan perlakuan individual. Siswa penting dinilai dari kegiatan dan hasil belajarnya, serta kepribadiannya berdasarkan kemampuan dirinya. Karena setiap peserta didik mempunyai perbedaan satu sama lain. Perbedaan itu bisa dilihat dari latar belakang social dan ekonomi keluarganya, minat, harapan, motivasi,
29. Sebutkan  beberapa cara untuk menilai kepribadian siswa...
Jawaban:
1. Observasi direck
2. Wawancara
3. Tea protektif.
4. Inventor kepribadian
30. Sebutkan langkah yang harus dilakukan ketika akan mengembangkan  penilaian karakter berbasis penilaian otentik...
Jawaban:
1. Penentuan Standard yaitu sebuah peryataan tentang apa yang harus diketahui atau dapat dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung.
2. Penentuan tugas otentik yaitu tugas yabg secara nyata dibebankan kepada siswa untuk mengukur pencapaian kompetensi yang dipelajari.
3. Pembuatan kriteria  yaitu berupa indikator-indikator yang akan menspesifikasikan tugas tertentu yang dimiliki sehingga  menjadi  jelas keterukurannya.
4. Pembuatan Rubrik merupakan alas skala yang di gunakan untuk mengukur tinggi rendahnya pencapaian siswa.
(STAI AL-HIKMA MEDAN,  JANUARI 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar